PIAUD Tribakti Ikuti Pelatihan Pemutakhiran Metadata Publikasi Ilmiah oleh PPJ PAUD

Perkumpulan Pengelola Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (PPJ PAUD) Indonesia mengadakan Pelatihan Permutakhiran Metadata Publikasi Ilmiah di Era Digital pada tanggal 21 Januari 2021, 09.00- 12.00 WIB menggunakan Zoom Cloud Meeting.

Acara pelatihan ini di Moderatori oleh Cahniyo Wijaya Kuswanto, M.Pd dan sambutan dari Dr. Sigit Purnama, M.Pd selaku Ketua PPS PIAUD Indonesia. Adapun pelatihan ini diikuti oleh 68 peserta termasuk Novida Aprilina Nisa Fitri, S.Pd.I., M.Pd selaku Editor in Choef Jurnal Ashil PIAUD Tribakti dan Section Editor Fitta Nurisma Riswandi, M.Pd.

Pelatihan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kapabilitas peserta untuk memahami metadata publikasi ilmiah terutama oleh pengelola jurnal. Hal ini terkait dengan akun Google Scholar, Base, Orchid, Publons, Garuda, dan Sinta. Sebagai pengelola jurnal diwajibkan mempunyai akun tersebut, karena ini juga memastikan bahwa publikasi kita dapat terindeks atau terdeteksi pada akun-akun tersebut. Sehingga adanya program pelatihan ini untuk dapat menghadapi masalah-masalah terkait metadata publikasi ilmiah agar dapat meningkatkan mutu dan jangkauan sebagai pengelola jurnal khususnya PAUD.

Terdapat lima narasumber pengelola jurnal yang memaparkan materi terkait masalah metadata publikasi. Pembicara pertama adalah Maulidya Ulfah, M.Pd.I terkait dengan Google Scholar. Pembicara kedua adalah M. Fauziddin, M.Pd terkait dengan Base. Pembicara ketiga adalah La Ode Anhusadar terkait Scopus. Pembicara keempat adalah Dedy Surya terkait dengan Orchid. Pembicara kelima adalah M. Fauziddin, M.Pd terkait dengan Publons. Pembicara keenam adalah Dr. Diah Andika Sari, M.Pd terkait dengan Garuda. Pembicara ketujuh adalah Novita Pancaningrum, M.Pd terkait dengan Sinta. Kelima pembicara membawakan materi yang sangat menarik dan informatif terkait metadata publikasi, khususnya untuk para pengelola jurnal PAUD. Hal ini membuat peserta yang hadir begitu antusias dalam mengikuti jalannya pelatihan.

About Humas Tarbiyah

Check Also

Mahasiswa PIAUD Sosialisasi Parenting di RA Falah Mojoagung

Dalam rangka menggerakkan parenting yang sehat, mahasiswa PIAUD melakukan sosialisasi parenting pada wali murid RA …