MAHASISWA PAI JUARA 2 LOMBA KARYA TULIS ESAI KYAIKU PADA PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL KABUPATEN KEDIRI 2022

Moh. Fikrur Rijal merupakan mahasiswa S1 IAI Tribakti Kediri Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) mengikuti kompetisi karya tulis essai dengan tema “Kyaiku”. Acara ini diselenggarakan oleh Kerjasama antara Pemkab Kediri, Jawa Pos Radar Kediri dan PCNU Kab. Kediri untuk memperingati Hari Santri pada tanggal 15-20 Oktober 2022.

Rijal memberanikan diri untuk mengikuti ajang kompetisi Karya Tulis Essai tersebut. Meskipun ia sadar ia masih sangat kurang sekali skill penulisannya, terlebih hal ini merupakan kompetisi karya ilmiah pertama yang dia ikuti, akan tetapi dengan semangat dan dukungan dari orang sekitarnya, membuatnya semangat untuk mengikuti lomba tersebut. Ia mengirimkan karya tulis dengan judul (Syaikh Imam Nawawi, Ringinagung-Kediri Timur “Permata dari Keraton Solo yang Tertutup dalam Balutan Kesederhaan). Dalam tulisannya tersebut mengkisahkan tentang kesederhanaan dari seorang figur ulama’ pada zaman dahulu, yakni Syaikh Imam Nawawi, beliau adalah pemuda yang berasal dari lingkungan keraton Solo, yang pada akhirnya meninggalkan segala kemewahan dan menjalani hidup yang serba berkecukupan demi meraih cita-cita serta menegakkan panji-panji Islam.

Pada hakikatnya, tidak ada obsesi sedikitpun baginya untuk menjadi juara dalam kompetisi tersebut. Karena baginya, tulisannya terbaca oleh panitia pun adalah suatu kebanggaan baginya. Namun, Alhamdulillah rijal berhasil menjadi juara ke-II. Ia berhasil mengalahkan peserta-peserta lainnya. Meski demikian, rijal tak henti-hentinya mengucap syukur atas karunia yang diberikan kepadanya. Ia pun berjanji untuk selalu berlatih lebih keras lagi. Karena menurutnya, tidak ada yang tidak mungkin selama memiliki tekad dan keinginan yang kuat. Sekalipun gagal, terus coba dan coba lagi.

Rijal akan melanjutkan studi ke jenjang magister setelah menyelesaikan studi S1 di akhir tahun 2022. Hal ini membuatnya semakin tertarik dengan dunia tulis menulis. Hal tersebut pula lah yang memacu semangatnya untuk terus menghasilkan karya tulis serta berkecimpung dalam dunia literasi.

 

About Humas tarbiyah

Check Also

BEM FAKULTAS TARBIYAH ADAKAN SEMINAR PPG

Zaman semakin maju semakin menyediakan tantangan baru dalam pola kehidupan. Tanpa terkecuali pendidikan yang kini …