Mahasiswa PAI Ikuti Panelis Simposium Hari Santri Nasional di IAIN Kediri

Kediri, 25 Oktober 2022. Mahasiswa PAI semester 1, Zulkhoiryan Syahri berhasil menjadi nominator panelis dalam ajang Simposium Hari Santri Nasional yang diselenggarakan oleh Ma’had al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri bertajuk “Tradisi Keilmuan Pesantren dalam Merespon Studi Islam Interdisipliner”. Dalam tulisannya yang berjudul “Tradisi Keilmuan Pesantren Indonesia: zaman klasikal sampai zaman potsmodernisme” yang masih terjaga keilmuan para ulama’ hingga era society 5.0. Acara ini dibuka oleh Muhammad Muhaimin selaku Wakil Rektor 2 IAIN Kediri yang memberikan pesan penting kepada peserta bahwa:  tradisi-tradisi pesantren apabila tidak dilestarikan dan tidak dikolaborasikan dengan berbagai perkembangan bisa jadi akan hilang. Padahal pesantren adalah manifestasi dari kelahiran Islam atau apapun yang ada dalam Alquran dan Alhadits.

Acara ini dimeriahkan oleh narasumber Rizal Mumazziq Z. M.H.I selaku Rektor INAIFAS, Kencong, Jember., Dr. Amin Mudzakkir S. S, M.Hum. Selaku peneliti BRIN, dan Hj. Hindun Anisah, MA Selaku pengasuh pesantren Hasyim Asy’ari Jepara dan Sekretaris RMI. Menurut Ibu Hindun. Ketiga pembicara tersebu sepakat bahwa Pesantren merupakan wadah mengimplementasikan nila-nilai moral dan karakter Islami dengan tata kehidupan positif serta ciri khas sebagai lembaga pendidikan Islam, Kajian kitab kuning menjadi ciri khas yang dimiliki setiap pesantren di Indonesia, dan Pesantren harus memiliki legalitas mandiri, berdaya dan membawa kemaslahatan masyarakat. Tujuannya, melahirkan generasi Islam yang unggul di berbagai bidang, yang juga memaknai keterbukaan studi interdisipliner di lingkup pesantren. Hal ini dapat dilihat dari para santri saat ini yang secara keilmuan dapat beradaptasi dengan kemajuan zaman.

Harapan Zulkhoirian sapaan karibnya, mengikuti kompetisi menulis untuk menambah khasanah keilmuan dan mengembangkan literasi. Serta, untuk melatih kepercayaan diri di depan publik umum. Selain itu, untuk memotivasi mahasiswa IAI Tribakti agar lebih rajin dalam megembangkan literasi sebagi gerbang masa depan dan Never Give Up pastinya!. (Zul).

About Humas tarbiyah

Check Also

BEM FAKULTAS TARBIYAH ADAKAN SEMINAR PPG

Zaman semakin maju semakin menyediakan tantangan baru dalam pola kehidupan. Tanpa terkecuali pendidikan yang kini …