Konsorsium Prodi di Lingkungan Kopertais Wilayah IV Surabaya dan Pembahasan Program Kerja Fortama

Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang menyelenggarakan acara Pembahasan Program Kerja FORTAMA dan konsorsium Prodi di lingkungan Kopertais Wilayah IV Surabaya. Senin (23/01/2023).

Acara ini dihadiri oleh Rektor IAI Al-Qolam Malang, Wakil rektor 2 IAI Al Qoman, Dekan fakultas tarbiyah, segenap kaprodi IAI Al Qolam, dan Pengurus serta anggota FORTAMA Kopertais wilayah IV Surabaya. Universitas Islam Tribakti mengirimkan 3 perwakilan, yakni Mohammad Auza’i Aqib sebagai ketua FORTAMA, Mohammad Safa’udin sebagai pengurus divisi pendidikan dan kurikulum, dan Imam Mutamaqin sebagau pengurus divisi penelitian.

Acara dimulai dengan tukar pandangan terkait kurikulum MBKM yang berlaku di instusi masing-masing. Ada yang sudah berjalan 2 angkatan, ada pula yang telah menyusun dan siap untuk diterapkan. Berbagai kampus yang terlibat diskusi yakni dari Universitas Islam Zainul Hasan, Universitas Islam Tribakti Lirboyo, IAI Al-Qolam Malang, Universitas Ibrahimiy Sukorejo Situbondo, dan Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolonggo.

Adapun agenda selanjutnya adalah penyusunan rapat kerja Fortama yang menghasilkan rencana jangka pendek, rencana jangka menengah, dan rencana jangka panjang. Rencana jangka pendek yakni menghasilkan berbagai program yakni Pertukaran Dosen, Pertukaran Editor, Pertukaran Author Tulisan, Pembuatan Website Fortama. Sementara itu program jangka menengah berupa Seminar Nasional Berkala (IOP), Kolaborasi Penelitian Berscopus, dan Kolaborasi artikel pengabdian.

Adapun program jangka panjang yang akan ditindaklanjuti fortama mencakup Workshop MBKM dan Penunjangnya (RPS, logbook, KHS, sertifikat, Asistensi, KKNT, dll) yang dilaksanakan di pertengahan tahun 2023, Pelatihan Penulisan Scopus dan Pengelolaan Jurnal Terakreditasi di akhir tahun 2023, dan Seminar Internasional Kolaborasi pada tahun 2024.

About Humas Tarbiyah

Check Also

Mahasiswa Tadris Matematika Raih Juara Sains Nasional dengan Predikat A

Mahasiswa Tadris Matematika Universitas Islam Tribakti Liboyo Kediri atas nama Abirrotun Nabila meraih Medali Perak …