Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Gelar Pelatihan RPS dan Evaluasi Dosen

Program Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri menyelenggarakan Pelatihan RPS dan Evaluasi Dosen pada hari Jum’at, 24 Februari 2023 bertempat di Ruang Dosen Barat UIT Lirboyo Kediri. Acara dimulai pukul 13.00 dan dihadiri oleh Seluruh Dosen Tetap Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Tahun Akademik 2022/2023. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mereview RPS yang telah dibuat oleh para dosen, mengingkat pentingnya RPS dalam persiapan akreditasi, RPS dibuat berdasarkan kurikulum yang telah dibuat oleh Program Studi untuk menyamakan atau penyetaraan standar kurikulum dalam satu tingkat pendidikan.

Setelah acara dibuka oleh Kaprodi PAI, Tenika Illananingtyas,M.Pd, dilanjutkan sambutan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, M. Arif Khoiruddin, S.Sos.I, M.Pd.I, dalam sambutannya Beliau mengatakan “Menyusun RPS sangat penting sekali di dalam pelaksanaan pembelajaran”. Beliau juga mengatakan agar ada link and match dalam menyusun RPS seperti memasukkan hasil penelitian dosen di dalam tema RPS, memasukkan indikator yang tepat dan sesuai di dalam penyusunan RPS, diharapkan melakukan konsorsium dosen untuk mengomunikasikan dan menyelaraskan materi setiap mata kuliah yang sama agar tidak terjadi ketimpangan. Konsorsium dosen juga melakukan kalibrasi soal dan teknik valuasi pembelajaran. Jadi, kompetensi yang ingin diharapkan melalui mata kuliah tersebut dapat tercapai.

Hadir pula, Kepala Lembaga Penjamin Mutu di dalam acara ini, yaitu Drs. KH Abd Halim Mustofa, M.H. Beliau menyampaikan bahwa dosen pengampu mata kuliah wajib menyusun RPS sesuai dengan CPL dan dikumpulkan sebelum proses perkuliahan dimulai guna keperluan akreditasi dan menjaga mutu pembelajaran.

Narasumber Pelatihan Penyusunan RPS, Moh. Auza’i Aqib,M.Pd. menyatakan bahwa perlu perencanaan yang matang dalam setiap penyusunan RPS agar seluruh pembelajaran menjadi terstruktur dan jelas untuk mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misi yang sudah ditentukan oleh Prodi. Isi RPS berkaitan dengan identitas mata kuliah, capaian pembelajaran mata kuliah, peta analisis capaian pembelajaran, pengalaman pembelajaran dan referensi, rincian aktivitas pembelajararan, sistem penilaian dan evaluasi. Adapun Integrasi Penelitian dan PKM dalam RPS juga harus diimplementasikan.Setelah materi selesai disampaikan, para dosen langsung praktek dan me-review RPS yang telah dipersiapkan dan dibimbing secara langsung oleh narasumber.

Dilanjutkan acara berikutnya yaitu Evaluasi Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan oleh Wakil Dekan 1, Lathifatul Fajriyah, M.Pd. Kewajiban dosen dalam Tridharma Perguruan Tinggi perlu terus dikembangkan dan ditingkatkan, baik dalam lingkup pendidikan, penelitian, maupun pengabdian. Selain itu, kehadiran dosen dalam mengajar, mengisi presensi dosen, pengumpulan nilai juga menjadi tanggung jawab masing-masing dosen pengampu mata kuliah. Di sesi akhir, dibuka sesi tanya jawab terkait hal-hal atau kendala yang dialami oleh setiap dosen ketika proses pembelajaran.

 

About Humas tarbiyah

Check Also

Suksesnya Lomba Pidato Bahasa Arab Diadakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIT Lirboyo Kediri

Kediri, 14 Januari 2024 – Dengan semangat dan antusiasme yang luar biasa, berlangsunglah acara Lomba …