Penguatan PGMI Bersama FORMI PGMI Kopertais IV Wilayah Surabaya

Prodi PGMI melakukan penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi berbasis keprodian dengan mengfasilitasi Pertemuan Rapat Tahunan FORMI PGMI Kopertais IV wilayah Surabaya. Acara ini menjadi saran pertukaran ide-ide dan gagasan-gagasan besar untuk kemajuan bersama. Tujuan besarnya, membantu prodi-prodi PGMI memenuhi nilai akreditasi Unggul 03-04/03/3023.
Salah satu alasan Universitas Islam Tribakti (UIT) menjadi tuan rumah sebagai kampus yang sudah siap sarana dan prasaran dan waktu. Pasalnya, pada saat acara diselenggarakan, UIT mempunyai beberapa sarana dan prasarana penginapan dan perkuliahan sedang tidak aktif. Mahasiswa sudah melakukan kegiatan Ujian Tengah Semester (UTS).
Acara dibuka oleh Dr.KH Reza Ahmad Zahid. Lc. MA. selaku Rektor Universitas Tribakti Lirboyo Kediri. “UIT merupakan berkah untuk kita semua, sehingga keberkahan itu harus terus dipupuk. Melalui forum-forum seperti inilah, Kita bisa maju dan berkembang bersama,” kata Beliau. Senada dengan beliau, Ahmad Khoirul Mustamir, selaku Kaprodi PGMI salah satu alasan penyelenggaraan ini, menjadi keberkahan PGMI untuk menyusun dan melaksanakan Kuriulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Acara tersebut cukup banyak diminati para peserta. Pasalnya, dalam pembukaan ditampilkan pegelaran Angklung dari SD plus Al Hikmah Purwoasri binaan KH. Asep Sulhan. Pagelaran angklung menampilkan permainan angklung yang melantunkan lagu-lagu Islami. Penampilan Angkulng ini sebagai hasil kerjasama bersama antara Prodi PGMI dan Pondok Pesantren Al Hikmah Al Badriyah Purwoasri. Acara ini diikuti oleh 60 Kepala Program Studi PGMI PTKIS seluruh Jawa Timur. Menurut Moch. Baha Udin by Arifin, M.Pd.I selalu ketua FORMI, banyaknya jumlah peserta ini sebagai wujud kepedulian dan keinginan maju bersama Prodi PGMI di Lingkup Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di Wilayah Kopertais Wilayah IV Surabaya. Di sisi lain, kegiatan ini menjadi moment temu kangen antar anggota Formi PGMI yang terendala Covid 19. Sehingga, kegiatan tersebut menjadi suasana sangat hangat dan penuh kekeluargaan.
Acara tersebut membahas tentang Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART), program kerja dan penguatan pengisian borang Unggul. Dalam Konteks ini, PGMI UIT menegaskan komitmen akan aktif dalam setiap agenda-agenda kerja yang telah ditetapkan. Komitmen itu tertuang dengan kesediaan menyusun dan menganggarkan usaha melakukan kerjasama PGMI tinggal lokal, nasional dan internasional. Akhirnya, Kegiatan tersebut menghasilkan tersahkan AD/ART, terseusunnya program kerja tahunan dan sumber pendanaan dan target lembaga negara dan swasta sebagai mitra kerjasama.

 

About Humas tarbiyah

Check Also

Pendampingan Penyusunan Kurikulum MBKM di Fakultas Tarbiyah UIT Lirboyo Kediri

Fakultas Tarbiyah menyelenggarakan kegiatan Pendampingan Penyusunan Kurikulum MBKM.  Kegiatan  ini dilangsungkan di ruang Dosen pada …