Mahasiswa PIAUD Lakukan Observasi Pembelajaran di RA Kusuma Mulia VI Banjarmlati Kota Kediri

Supervisi pendidikan adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh di kelas PIAUD Semester III IAI TRIBAKTI Lirboyo Kediri. Dengan tujuan agar para mahasiswa piaud mengerti dan mampu menerapkan sistem kerja supervisi Pendidikan khususnya dalam lembaga pendidikan anak usia dini. Mengingat latar belakang para mahasiswa yang berprofesi sebagai guru PAUD. Maka telah diambil keputusan bahwa bagi mahasiswa yang menjadi guru di lembaga dibawah naungan Dinas Pendidikan akan mendapatkan tugas observasi di lembaga dibawah naungan Kemenag dan begitu pula sebaliknya. Tugas observasi pendidikan ini diberikan guna memenuhi tugas akhir semester 3 piaud halaqoh IAI Tribakti Lirboyo Kediri yang diampu oleh Bunda Novida Aprilina Nisa Fitri, S. Pd. I, M.Pd.

Hari Jum’at, 9 Desember 2022 kami kelompok 2 yang beranggotakan (Dewi, Ria, Wiwin, Fitri, Rini, Aina, Avi) melaksanakan observasi di RA Kusuma Mulia VI Banjarmlati Kota Kediri yang beralamat di jln. Banjarmlati Mojoroto Kota Kediri. Kelompok kami mengalami sedikit kendala dalam memilih tempat yang akan diobservasi, karena jadwalnya hampir bersamaan dengan pelaksanaan Ujian/PK. Alhamdulillah semua itu dapat teratasi karena di RA Kusuma Mulia VI Banjarmlati Kota Kediri merespon sangat baik atas kedatangan kami. Selanjutnya dukungan dan semangat dari Ibu Kepala Sekolah RA Kusuma Mulia VI Banjarmlati Kota Kediri dan teman-teman kelompok 2 sangat berperan dalam pelaksanaan observasi mengenai Supervisi Pendidikan ini, sehingga selama proses wawancara dapat berjalan dengan lancar.

Alasan kami memilih RA Kusuma Mulia VI Banjarmlati Kota Kediri sebagai tempat observasi supervisi pendidikan adalah karena lembaga tersebut menjadi salah satu lembaga yang masih produktif walaupun berada wilayah yang bedekatan dengan lembaga lain yang sejenis. Adapun kegiatan observasi kami adalah memperkenalkan diri dihadapan Kepala Sekolah (Miftachul Choiriyah, S.Pd.I) dan melakukan wawancara dengan yang berhubungan dengan tugas beliau yaitu supervisi pendidikan baik kepada guru maupun  ke lingkungan sekolahnya. Kami berharap semoga dalam kegiatan observasi tidak hanya sekedar melaksanakan tugas kami sebagai mahasiswa piaud IAI Tribakti Lirboyo Kediri, tapi juga mendapatkan ilmu yang suatu saat bisa diterapkan dilembaga tempat kami mengabdi.

About Humas tarbiyah

Check Also

Suksesnya Lomba Pidato Bahasa Arab Diadakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIT Lirboyo Kediri

Kediri, 14 Januari 2024 – Dengan semangat dan antusiasme yang luar biasa, berlangsunglah acara Lomba …