Musabaqoh Matematika (Mustika) Jilid 2

Musabaqoh Matematika (Mustika) jilid 2 yang dilaksanakan tanggal 12 November 2023 merupakan semangat baru dari keberlanjuatan acara Mustika yang pertama tahun 2022. Acara yang rutin dilakukan oleh prodi Tadris Matematika fakultas Tarbiyah Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri pada kesempatan ini diikuti oleh 60 peserta yang terbagi dalam 20 regu dari jenjang SMA, MA, dan SMK. Acara yang dikawal oleh Prodi Tadris Matematika dan BEM Fakultas UIT Lirboyo tersebut bertemakan “Resolusi Jihad Santri Milenial: Memaknai bela tanah air dan kemerdekaan RI dengan kesungguhan belajar ilmu agama sekaligus IPTEKS menuju generasi berjiwa santri milenial berkemajuan”. Serangkaian kegiatan pendaftaran yang terdiri dari 3 gelombang dimulai pada tanggal 17 September hingga 31 Oktober mampu menjangkau minat siswa dari Jawa timur maupun Jawa Tengah. Pelaksanaan Mustika jilid 2 menggunakan 3 ruang kelas yang masing-masing berisi 20 peserta.

Acara inti terdiri dari pelaksanaan Mustika jilid 2 dan seminar pembahasan. Pelaksanaan Mustika jilid 2 kali ini berbeda dengan tahun kemarin, dimana setiap regu yang terdiri dari 3 peserta akan ditempatkan pada ruang yang berbeda. Setiap anggota regu tersebut harus mengerjakan secara individu, kemudian skor regu yang diambil adalah skor rata-rata dari skor ketiga peserta anggota regu tersebut. Selain itu Mustika jilid 2 menyajikan seminar pembahasan soal-soal Olimpiade berikut dengan trik penyelesaian oleh pemateri Minnatin Charizah, M.Pd yang merupakan dosen Matematika dari Universitas Yudharta Pasuruan. Pembahasan soal tersebut merupakan nilai tambah yang diberikan pada Mustika jilid 2, sehingga para peserta tidak penasaran dengan jawaban dari soal Olimpiade yang telah mereka kerjakan. Seminar juga diisi dengan serangkaian kuis yang dengan doorprize menarik bagi peserta yang beruntung.

Juara 1 dan juara 3 berhasil diraih oleh SMAN 2 Pare, juara 2 dan juara harapan 1 berhasil diperoleh MAN 2 Kota Kediri, sedangkan juara harapan 2 ditempati oleh MAN 1 Kota Kediri. Semangat dan kecintaan para siswa kepada Matematika merupakan harapan besar kami dalam mewujudkan pelaksanaan Musabaqoh Matematika (Mustika) dari tahun ke tahun, sehingga mampu membawa nama besar  UIT Lirboyo Kediri khususnya prodi tadris Matematika ke tingkat Nasional.

About Tadris Matematika

Check Also

BEM FTK Gelar Diskusi Fakultatif Dengan Tema “Peluang Dan Tantangan Menjadi Guru Yang Kreatif”

Rabu, 22 November 2023, Badan Eksekutif Mahasiwa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Tribakti Lirboyo …