Lolos 5 Besar Lomba “Call For Paper Atraction 2023” Yang Diadakan Oleh Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang

Mahasiswa Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri yang terdiri dari Zulkhoirian Syahri dari prodi (Pendidikan Agama Islam/2022) dan Afnana Lailatul Inayah dari prodi (Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah/2022), telah berhasil masuk dalam 5 besar lomba “Call For Paper ATRACTION 2023” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya.

Keduanya tergabung dalam satu tim yakni TIM ALTAN dengan mengangkat tema “Studi Tafsir Ayat-ayat Mutualitas Alam dan Lingkungan Perspektif Quraish Shihab dan Bisri Musthafa pada Surat Ar-rum Ayat 41 dan Al-a’raf Ayat 56”. Dalam karyanya mereka membahas mengenai penafsiran dua mufassir yakni Quraish Shihab dan Bisri Musthafa tentang ayat-ayat alam dan lingkungan dengan tujuan para pembaca dapat memahami sebab-sebab rusaknya alam. Dengan demikian mereka dapat tersadar dan dapat turut serta dalam upaya pelestarian alam dan lingkungan.

Kompetisi ini berlangsung pada 27 Juni – 28 Oktober 2023. Teknis pelaksanaan lomba dilakukan melalui beberapa tahap yaitu penyeleksian dan pengumuman lolos absrak pada 5-6 Agustus 2023. Kemudian dilanjut dengan penyeleksian dan pengumuman lolos 5 besar call for paper pada 8-19 Oktober 2023. Serta presentasi dan focus group discussion (FGD) 5 besar call for paper pada 28 Oktober 2023. Pengumuman juara 3 besar lomba dilaksanakan secara offline di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya bersamaan dengan diskusi panel nasional pada tanggal 4 November 2023.

Bagi Tim Altan masuk 5 besar bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan usaha dan persiapan yang matang. Diantara persiapan Tim Altan dalam menghadapi kompetisi ini adalah dengan rajin mencari refrensi dari jurnal, buku, kita-kitab tafsir, dan karya-karya terdahulu yang berkaitan dengan alam dan lingkungan. Selain persiapan secara material tentunya Tim Altan juga menyiapkan mental untuk mempresentasikan hasil karyanya kepada para juri dan audiens dibabak final agar memperoleh hasil yang maksimal.

Meski tidak meraih juara utama dalam kompetisi ini, mereka tidak patah semangat. Kekalahan dalam kompetisi ini mereka jadikan sebagai pijakan untuk lebih semangat dalam menghadapi kompetisi-kompetisi lain kedepannya. Seperti makna dari “Altan” yang berarti matahari terbit. Mereka berharap semangat mereka seperti matahari yang selalu terbit dipagi hari, meski harus tenggelam disore harinya.

Zulkhoirian Syahri selaku ketua tim menuturkan “Saya berharap semoga dengan ini teman-teman mahasiswa, khususnya mahasiwa Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri dapat terinspirasi. Dan semoga dengan hal ini juga dapat menumbuhkan semangat kita dalam menulis, meniliti serta berfikir kritis terhadap perkembangan dunia saat ini”.

About Humas tarbiyah

Check Also

Suksesnya Lomba Pidato Bahasa Arab Diadakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIT Lirboyo Kediri

Kediri, 14 Januari 2024 – Dengan semangat dan antusiasme yang luar biasa, berlangsunglah acara Lomba …