Suksesnya Lomba Pidato Bahasa Arab Diadakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIT Lirboyo Kediri

Kediri, 14 Januari 2024 – Dengan semangat dan antusiasme yang luar biasa, berlangsunglah acara Lomba Pidato Bahasa Arab yang diselenggarakan di UIT Lirboyo Kediri. Pada tahap grand final, acara ini diikuti oleh 8 peserta dari berbagai sekolah di seluruh nusantara.

Acara dimulai pukul 09.00 pagi dan dihadiri oleh para pimpinan Universitas, Bapak Ibu dosen PBA, peserta lomba, guru pendamping, dan panitia mahasiswa. Lomba pidato ini bertujuan untuk memberikan platform kepada para siswa untuk mengembangkan keterampilan berbicara Bahasa Arab, sekaligus meningkatkan kepercayaan diri.

Para peserta, yang terdiri dari siswa-siswi SMA/SMK/MA sederajat, menampilkan pidato-pidato inspiratif dengan tema Ulamaku Pahlawanku. Mereka menunjukkan pengetahuan Bahasa Arab mereka dengan penuh percaya diri, memukau penonton dan juri.

Para juri dengan cermat menilai setiap pidato berdasarkan kriteria seperti materi (isi dan penyampaian), penampilan (mimik, gaya, dan komunikasi), vokal (intonasi dan kefasihan) dan adab (sikap dan pakaian). Pemenang lomba terdiri dari:

Juara 1: Yusroni (PP Darussholah Pusat An-Nawawiyah)

Juara 2: Yusuf Juartanto (MA Al Hikmah)

Juara 3: Muhammad Yahya U.A. (MA Al Hikmah)

Juara Harapan 1:  Nury Alfiatul Hikmah (MA Miftahul Ulum Bettet)

Juara Harapan 2: Dinda Shafira S.S.Z. (MA Al-Hikmah 2 Sugihwaras)

Juara Harapan 3: Reza Ahmad Mustofa (MA Al Hikmah)

Wakil Rektor 1, Dr. H. Badrus, M.Pd.I., mengatakan, “Kami sangat senang melihat semangat dan dedikasi peserta dalam menyampaikan pidato Bahasa Arab mereka. Acara seperti ini tidak hanya meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Arab, tetapi juga membangun rasa percaya diri dan kepemimpinan di kalangan pemuda.”

Peserta yang berhasil memukau juri dengan pidato-pidato mereka berharap bahwa kegiatan semacam ini dapat terus diadakan sebagai sarana untuk mengembangkan bakat dan keterampilan berbicara Bahasa Arab di kalangan generasi muda. Dengan semangat positif ini, diharapkan lomba pidato Bahasa Arab akan menjadi agenda rutin yang dapat diikuti oleh seluruh pelajar di Indonesia.

 

About Humas tarbiyah

Check Also

Suara Emosional Memenuhi Ruang: Kesuksesan Lomba Baca Puisi Prodi Tadris Bahasa Indonesia (TBIN) UIT Lirboyo Kediri

Kediri, 14 Januari 2024 – Dengan semangat dan antusiasme yang luar biasa, berlangsunglah acara Lomba …