Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIT Lirboyo Berupaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Keikutsertaannya dalam RAKERDA FPS PBA Kopertais IV Surabaya

Malang, 23-24 Februari 2024 – Forum Program Studi-Pendidikan Bahasa Arab (FPS-PBA) menggelar Rapat Kerja Daerah (RAKERDA). Acara yang dihelat di Universitas Muhammadiyah Malang tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Bahasa Arab di Jawa Timur, khususnya yang dikelola oleh lembaga-lembaga yang berada di bawah naungan Kopertais IV Surabaya.

Kegiatan ini dihadiri oleh para Ketua dan Sekretaris Jurusan/Program Studi Pendidikan Bahasa Arab se-Jawa Timur. Mereka berkumpul untuk membahas berbagai strategi dan inovasi guna meningkatkan mutu pendidikan yang sejalan dengan tuntutan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat.

Salah satu fokus utama dalam RAKERDA ini adalah membahas Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang mendukung Outcome-Based Education (OBE) dan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Selain itu, pembahasan mengenai penerapan Blended Learning, Metode Kasus (Case Method), dan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) juga dilakukan sebagai bekal para dosen dalam melaksanakan pembelajaran yang berpotensi untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa.

Selain itu, peserta RAKERDA juga melakukan peninjauan terhadap instrumen akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (LAMDIK). Hal ini dilakukan dalam rangka menyiapkan prodi-prodi Pendidikan Bahasa Arab yang ada di bawah naungan Kopertais IV sebelum melakukan akreditasi. Dengan kegiatan ini diharapkan, para pengelola prodi bisa memahami instrumen akreditasi dengan baik dan menerjemahkannya pada ranah pelaksanaan di lapangan.

Momentum RAKERDA ini juga dimanfaatkan untuk memperkuat kerjasama antar Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Prodi FPS-PBA dan ARID Scientific menjadi salah satu puncak acara yang menandai komitmen bersama dalam meningkatkan kolaborasi dan pertukaran pengetahuan.

Dalam kesempatan ini, secara khusus, Diana Nur Sholihah, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Tribakti Lirboyo Kediri melakukan penandatanganan kerjasama dengan beberapa perguaruan tinggi. Beberapa perguruan tinggi tersebut adalah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ibnu Sina Malang, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam Universitas Kh A Wahab Hasbullah, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Sekolah Tinggi Agama Islam Kh. Muhammad Ali Shodiq, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Sekolah Tinggi Agama Islam Syaichona Moh. Cholil, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, dan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan.

About Humas tarbiyah

Check Also

Suara Emosional Memenuhi Ruang: Kesuksesan Lomba Baca Puisi Prodi Tadris Bahasa Indonesia (TBIN) UIT Lirboyo Kediri

Kediri, 14 Januari 2024 – Dengan semangat dan antusiasme yang luar biasa, berlangsunglah acara Lomba …