Pendampingan Umum Akreditasi Program Studi pada Lembaga Akreditasi Mandiri (LAMDIK) secara Daring Melalui Zoom Meeting

Pada hari Selasa, 30 April 2024, Fakultas Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri mengikuti kegiatan pendampingan umum akreditasi program studi Lembaga Akreditasi Mandiri (LAMDIK) secara daring melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam peningkatan kualitas Program Studi Pendidikan melalui pemenuhan kriteria Laporan Evaluasi Diri (LED) dan pembahasan kisi-kisi Instrumen Akreditasi LAMDIK.

Pimpinan Fakultas Tarbiyah sebagai Unit Pengelola Program Studi dan Ketua Program Studi mengikuti acara tersebut secara virtual melalui Zoom Meeting. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Muchlas Samani, M.Pd, selaku Ketua Umum LAMDIK, menyampaikan bahwa LAMDIK telah menjalankan tugasnya selama hampir 2 tahun dalam melaksanakan akreditasi. Beliau menegaskan bahwa masih banyak program studi yang belum memahami pola penjaminan mutu. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat membantu program studi dalam memahami sistem penjaminan mutu yang baik serta asesmen yang secara periodik dilakukan oleh lembaga penjaminan mutu perguruan tinggi dapat digunakan oleh Program Studi untuk Akreditasi, sehingga hasil akreditasi sesuai dengan harapan.

Pemateri inti, Prof. Dr. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd, menjelaskan sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi dan akreditasi Program Studi Kependidikan, serta memberikan penjelasan lebih lanjut tentang Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 mengenai status dan peringkat akreditasi program studi.

Narasumber kedua, Prof. Dr. Ekohariadi, M.Pd, memaparkan kisi-kisi instrumen akreditasi Program Studi LAM Kependidikan. Sementara itu, Ari Kurniawan, S.Kom., M.T, menjelaskan prosedur pengunggahan LED dan DKPS SIM akreditasi LAM Kependidikan, perekaman LED dan DKPS, serta syarat-syarat akreditasi yang lain. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab untuk memperjelas hal-hal yang masih perlu penjelasan lebih lanjut.

About Humas tarbiyah

Check Also

Kuliah Tamu Tadris Bahasa Inggris Kolaborasi UIT Lirboyo Kediri dan IAIN Kediri: Transforming ELT through Technology

Kediri, 08 Mei 2024 – Hari ini, Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo dan Institut Agama …