Belajar ke Ahlinya, Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Kunjungi Radar Kediri

Guna mengimplementasikan hasil belajar di kelas terkait teori-teori bahasa dan kesusastraan di kelas, mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri melakukan kunjungan ke kantor Jawa Pos Radar Kediri. Kunjungan untuk belajar langsung pada ahlinya ini pun dilangsungkan pada Kamis (5/10) di kantor yang beralamatkan di Desa/Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri. Para mahasiswa antusias dalam bertanya hingga melihat langsung redaksi bekerja dalam menyusun berita hingga mengatur konten kesusastraan.

Kegiatan ini adalah implementasi dari mata kuliah Teori Sastra yang mengkhususkan mahasiswa selain tahu teorinya juga praktiknya ketika di dunia cetak. Melalui kunjungan ini mahasiswa diharapkan menjadi tahu tentang manajemen dunia sastra yang ada di media massa. Selain itu mereka tidak hanya terpantik dalam ikut menulis sastra, juga termotivasi untuk diterbitkan di media massa. “Setiap edisi hari minggu, kami ada rubrik yang khusus untuk menerbitkan karya sastra. Kami selalu menerima tulisan sastra mulai dari puisi, cerpen, hingga essay dari masyarakat umum untuk kami terbitkan,” ungkap Endro Purwito, redaktur Jawa Pos Radar Kediri dalam sesi materinya.

Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia UIT Lirboyo mendengarkan materi dari Endro Purwito, redaktur senior Jawa Pos Radar Kediri.

Tidak hanya mendapatkan materi dari para redaktur senior, para mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia ini pun juga berkesempatan melihat langsung ruang redaksi. Di ruangan ini, mereka sempat berkenalan dengan para punggawa ruangan itu, diantaranya para wartawan, redaktur, hingga desain grafis. Sembari berkenalan mereka juga melihat langsung redaksi bekerja seperti mengatur konten, menulis berita, mengedit berita, hingga desain grafis menata tata letak Koran. “Ini adalah pengalaman pertama saya, semoga nanti ada kesempatan lagi untuk hadir ke kantor ini untuk mendalami ilmu bahasa dan kesusastraan di media massa ini,” terang Jumahar mahasiswa semester satu Tadris Bahasa Indonesia ini.

Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia UIT Lirboyo Kediri Antusias melihat produksi berita di ruang redaksi Jawa Pos Radar Kediri.

Dalam kunjungan ini didampingi oleh Kaprodi Bahasa Indonesia UIT Lirboyo Kediri, Moh. Fikri Zulfikar sekaligus dosen pengampu matakuliah Teori Sastra. Pria yang biasa disapa Pak Fikri ini menerangkan bahwa kegiatan semacam ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, karena selain belajar kepada ahlinya juga membuat mahasiswa tidak jenuh ketika pembelajaran yang biasanya selalu jalankan di dalam kelas. Selain mahasiswa mengenal konten berita dan karya sastra, dalam kunjungan ini mahasiswa juga belajar tentang bahasa di dalam media massa. “Dalam kunjungan ini mahasiswa juga belajar teknik penyuntingan bahasa dari para redaktur. Ini sangat bermanfaat karena mereka belajar pada ahlinya,” tegas Fikri.

About Tadris Bahasa Indonesia

Check Also

Suksesnya Lomba Pidato Bahasa Arab Diadakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIT Lirboyo Kediri

Kediri, 14 Januari 2024 – Dengan semangat dan antusiasme yang luar biasa, berlangsunglah acara Lomba …