Kuliah Tamu Tadris Bahasa Inggris Kolaborasi UIT Lirboyo Kediri dan IAIN Kediri: Transforming ELT through Technology

Kediri, 08 Mei 2024 – Hari ini, Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri mempersembahkan acara kuliah tamu yang menghadirkan dua pemateri yang ahli dalam bidangnya. Bertemakan “Transforming ELT through Technology”, acara ini menjadi momentum kolaborasi antara dua institusi UIT Lirboyo Kediri dan IAIN Kediri. Pemateri pertama adalah Ummy Khoirunisya’ Masyhudianti, M.Pd. dari UIT Lirboyo, dan pemateri kedua adalah Bahruddin, M.Pd. dari IAIN Kediri. Acara ini dimoderatori oleh M. Abdullah Salim, M.Pd, dosen Tadris Bahasa Inggris UIT Lirboyo Kediri.

Dibuka secara resmi oleh Lathifatul Fajriyah, M.Pd., selaku Wakil Dekan 1 UIT Lirboyo, dan Nur Afifi, M.App. Ling, Ph.D., selaku Kaprodi Tadris Bahasa Inggris IAIN Kediri, acara ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa dan dosen dari kedua institusi. Kehadiran mereka menjadi bukti antusiasme dan dukungan terhadap upaya peningkatan pengetahuan terkait pembelajaran bahasa Inggris.

Ummy Khoirunisya’ Masyhudianti, M.Pd., membuka sesi pertama dengan pemaparan yang mendalam tentang bagaimana teknologi dapat mengubah paradigma pembelajaran bahasa Inggris. Dengan studi kasus dan pengalaman pengajarannya di UIT Lirboyo, ia menyoroti pentingnya integrasi teknologi dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan bagi mahasiswa. Beliau mengatakan bahwa teknologi hanyalah alat yang terpenting adalah bagaimana seorang pendidik menerapkan teknologi dengan menggunakan metode yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Beliau juga menambahkan pentingnya input dan penggunaan Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dengan cara membaca dan mendengarkan konten Bahasa Inggris dari berbagai sumber di internet dan praktik berbicara atau menulis yang dilakukan secara terus menerus.

Foto 1: Materi disampaikan oleh Bu Ummy Khoirunisya’ Masyhudianti, M.Pd.

Sementara itu, Bahruddin, M.Pd., memberikan perspektif yang unik dari IAIN Kediri tentang bagaimana teknologi dapat menjadi sarana untuk mengembangkan pemahaman siswa terhadap aspek pedagogik dan linguistik  dalam pembelajaran bahasa Inggris. Presentasinya mengilhami para peserta untuk melihat teknologi sebagai alat yang dapat memperkaya, bukan menggantikan, nilai-nilai dalam pendidikan sehingga peserta didik dan pendidik harus menggunakan teknologi dengan bijak.

Foto 2: Materi disampaikan oleh Pak Bahruddin, M.Pd.

Acara ini tidak hanya memberikan ruang untuk presentasi, tetapi juga menghadirkan diskusi yang produktif antara para peserta. Pertukaran gagasan dan pengalaman antara dosen dan mahasiswa dari kedua institusi menjadi nilai tambah yang tak ternilai dalam acara ini.

Foto 3: Sesi foto bersama dengan pemateri dan peserta

Dengan berakhirnya acara, harapan terbesar adalah bahwa inspirasi dan wawasan yang diperoleh dari kuliah tamu ini akan membawa perubahan positif dalam pendekatan pembelajaran bahasa Inggris di UIT Lirboyo dan IAIN Kediri. Semoga kolaborasi ini menjadi tonggak baru dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Inggris di Indonesia.

Foto 4: Dokumentasi di UIT Lirboyo setelah acara selesai

About Humas tarbiyah

Check Also

Webinar ” BASIC MATHEMATICAL PROOF ” Dan Focus Group Discussion

Pada hari Kamis, 02 Mei 2024 pukul 10.30-11.30 telah diadakan Kuliah Umum berbentuk webinar dengan …