Kuatkan Literasi Masyarakat, Rekatkan Kerja Sama dengan FTBM Kabupaten Kediri

Prodi Tadris Bahasa Indonesia (TBin) UIT Lirboyo dalam menguatkan mutu internal dosen dan mahasiswa melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Diantaranya melakukan kerjasama dengan Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kabupaten Kediri. Komitmen kerjasama dilangsungkan dengan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) pada Minggu (28/4) di Excowork Coworking Space di Kampung Inggris, Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kediri. Penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Kaprodi Tadris Bahasa Indonesia Moh. Fikri Zulfikar, M.Pd. dengan ketua FTBM Kab. Kediri Anwaril Jalali, S.Sos.

Foto 1: Komitmen kerjasama antara FTBM Kab. Kediri yang diwakili bapak Aril (kiri) dengan Prodi Tadris Bahasa Indonesia yang diwakili Bapak Fikri (kanan) 

Kerjasama ini sangat penting dalam penguatan mutu dan pemberdayaan masyarakat di bidang literasi. FTBM yang membawahi puluhan Taman Baca yang ada di desa-desa ini sangat penting dalam meningkatkan daya literasi masyarakat dengan upaya meningkatkan minat baca melalui kegiatan-kegiatan kebahasaan. Mulai dari perpustakaan umum, diskusi buku, hingga menulis bersama. Hal ini penting bagi pihak kampus tertutama dalam kerjasama bidang pengembangan pendidikan, penelitian, serta pengembangan bahasa dan sastra Indonesia melalui kegiatan literasi di Masyarakat. “Melalui kerjasama ini, harapan kami dosen maupun mahasiswa kami bisa ikut belajar dan terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat di TBM-TBM di Kabupaten Kediri,” ungkap Bapak Fikri.

Foto 2: Ketua FTBM Kabupaten Kediri Bapak Aril ketika memberikan sambutan dan pengarahan

Bapak Fikri dan ketua FTBM yang biasa disapa Bapak Aril ini berkomitmen dalam kerjasama penyenggaraan program bersama. Mulai kegiatan bersifat seminar, pelatihan, hingga kerjasama penelitian yang akan saling menguntungkan. Menurut Bapak Aril pihaknya yang membawahi beberapa TBM di Kabupaten Kediri sangat antusias bila nantinya bisa dibantu dalam mendatangkan beberapa tenaga pendidik dari kampus untuk menjadi pendamping terlebih dalam ranah literasi yang memang menjadi konsern pihaknya. “Semoga nanti ada dari pihak mahasiswa juga bisa membantu kami dalam menjadi relawan meningkatkan literasi masyarakat di desa-desa kami,” ujar Bapak Aril.

Foto 3: Sesi foto bersama pihak UIT Lirboyo Kediri dengan pengurus baru FTBM Kabupaten Kediri

Untuk diketahui, kegiatan penandatangan MoU ini dilakukan bertepatan dengan dilangsungkannya Musyawarah Daerah (Musda) FTBM Kabupaten Kediri dan juga dihadiri oleh perwakilan pengurus FTBM Wilayah Jatim. Sehingga hari Minggu itu pula terbentuklah susunan pengurus baru organisasi FTBM Kabupaten Kediri yang diketuai oleh Bapak Aril menggantikan ketua lama Bapak Zanuarifki Taufikurohman. Dalam pengurusan baru ini, Bapak Fikri sebagai Kaprodi Tadris Bahasa Indonesia juga dimasukkan dalam struktur organisasi sebagai Dewan Penasehat  FTBM Kabupaten Kediri.

About Tadris Bahasa Indonesia

Check Also

Kuliah Tamu Tadris Bahasa Inggris Kolaborasi UIT Lirboyo Kediri dan IAIN Kediri: Transforming ELT through Technology

Kediri, 08 Mei 2024 – Hari ini, Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo dan Institut Agama …