Kirim Dua Dosen Tadris Bahasa Indonesia sebagai Juri FLS2N

Prodi Tadris Bahasa Indonesia (TBIN) Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo terus berusaha untuk berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kediri. Seperti yang dilakukan dua dosen Tadris Bahasa Indonesia, yaitu Much. Nuril Huda, M.Pd. dan Moh. Fikri Zulfikar, M.Pd. yang ditunjuk sebagai juri dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

Dalam kesempatan ini, Bapak Nuril bertugas sebagai juri lomba debat Bahasa Indonesia yang diselenggarakan pada Jumat (26/4) di SMAN 1 Plemahan. Dalam lomba debat ini diikuti oleh para perwakilan SMA-SMA di Kabupaten Kediri dan dewan juri hanya mengambil tiga peserta untuk lolos dalam babak selanjutnya ke tingkat FLS2N Jawa Timur. Banyak dari peserta yang merupakan pelajar kritis dalam memberikan argumentasi-argumentasinya dalam berdebat. “Senang sekali bisa dilibatkan dalam kegiatan ini, sehingga kami bisa melihat antusias sekaligus kemampuan pelajar Kediri dalam berdebat,” ujar Bapak Nuril.

Foto 1: Bapak Nuril ketika menilai salah satu peserta lomba debat Bahasa Indonesia.

Berbeda dengan Bapak Nuril, dalam ajang FLS2N tingkat Kabupaten ini Bapak Fikri menjuri perlombaan Jurnalistik pada Selasa (30/4) di SMAN 2 Pare. Dalam cabang lomba Jurnalistik ini juga diikuti oleh para pelajar yang memiliki minat dalam seni menulis, terutama dalam menulis berita berjenis features. Dalam menjuri ini Bapak Fikri cukup mengapresiasi hasil-hasil kerja kejurnalistikan yang telah ditulis para pelajar SMA Negeri maupun Swasta yang ikut dalam perlombaan ini. “Tulisan-tulisan mereka cukup lumayan, namun ada sedikit catatan minor diantaranya rata-rata peserta sepertinya kurang memperhatikan kaidah jurnalistik. Sebenarnya kalau mereka mencontoh gaya penulisan features dalam koran saja sudah aman,” pungkas Bapak Fikri.

Foto 2: Bapak Fikri setelah menentukan juara lomba Jurnalistik bersama dewan juri lainnya.

Masih di minggu yang sama yaitu pada Jumat (26/4) , Bapak Fikri juga diundang menjadi juri lomba penulisan Cerpen tingkat Jawa Timur yang diselenggarakan di SMAN 3 Malang. Dalam kegiatan bertajuk Festival Bahasa Sastra Smanti ini Bapak Fikri harus mengkurasi puluhan naskah cerpen dari puluhan siswa untuk menentukan tiga besar pemenang dari cabang tingkat SMA dan SMP.

Foto 3: Suasana ruang dewan juri ketika penentuan juara lomba Cerpen tingkat Jawa Timur di SMAN 3 Malang.

Untuk diketahui bahwa para tenaga pendidik di Tadris Bahasa Indonesia UIT Lirboyo selain aktif dalam pembelajaran di kelas juga aktif dalam melakukan penelitian sekaligus pengabdian masyarakat. Diantaranya adalah berkontribusi dalam menyukseskan kegiatan-kegiatan pendidikan terutama yang berhubungan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah seperti menjuri lomba ini.

About Tadris Bahasa Indonesia

Check Also

Kuliah Tamu Tadris Bahasa Inggris Kolaborasi UIT Lirboyo Kediri dan IAIN Kediri: Transforming ELT through Technology

Kediri, 08 Mei 2024 – Hari ini, Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo dan Institut Agama …