Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri Bersiap “Go Internasional”

Dalam rangka menyediakan pelayanan pendidikan yang berkualitas tinggi dan berdaya saing luas bagi masyarakat, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri terus mempersiapkan institusi untuk mencapai level internasional. Selain terus melakukan pembenahan di berbagai aspek, kampus juga mempersiapkan SDM-SDM terbaiknya untuk ikutserta dalam berbagai forum internasional. Keikutsertaan para akademisi di berbagai event internasional diharapkan mampu memenuhi standar yang diharapkaan untuk mencetak lulusan yang berkualifikasi internasional serta membangun jaringan yang akan membuka akses bagi mahasiswa pada dunia global.

Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri, Diana Nur Sholihah, mengikuti agenda International Conference Islam University (ICIU) 2023 yang dilaksanakan di Indera Samudra Grand Hall, The Empire Brunei, Brunei Darussalam. Agenda yang diselenggarakan oleh Asian Islamic Universities Association (AIUA) ini dilaksanakan pada 26 – 27 Juni 2023.

Pada agenda yang dihadiri oleh peserta yang berasal dari berbagai negara Asia tersebut, Diana mempresentasikan hasil penelitian timnya tentang kesadaran metakognitif pembelajar bahasa Arab di universitas yang ada di Indonesia. Dia mendapatkan berbagai pertanyaan serta masukan konstruktif dari para peneliti pendidikan yang hadir dalam konferensi. Diana juga menyampaikan banyak hal positif yang dia dapatkan untuk diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran di kampus, utamanya dalam hal peningkatkan kesadaran metakognitif pembelajar, khususnya pembelajar bahasa Arab.

Diana mendapatkan wawasan tentang diversitas serta pelaksanaan pendidikan terbaik dari para ahli dan praktisi pendidikan universitas Islam di berbagai negara. Menurutnya, wawasan ini sangat penting untuk dijadikan benchmarking dalam memperbaiki proses pembelajaran pada matakuliah yang diampunya. Selain itu, Diana juga merasa perlu untuk menyampaikan hasil konferensi ini dalam kegiatan-kegiatan diskusi yang dilakukan bersama dengan dosen sejawatnya.

“Saya berharap ini akan menjadi langkah yang baik untuk memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas kampus,” ungkap Diana.

Selain menyimak para pembicara dan melakukan presentasi pada plenary dan paralel session, beberapa sesi ramah tamah memungkinkan Diana untuk lebih dekat mengenal para akademisi dan membicarakan berbagai peluang kerjasama di masa yang akan datang. Associate Prof. Dr. Nurdeng Deuraseh, Direktur Pusat Kajian Halal dan Thayyib merupakan salah satu akademisi dari Universitas Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), Negara Brunei Darussalam yang menyambut baik penawaran yang Diana sampaikan untuk kolaborasi dalam bidang penelitian dan penulisan artikel ilmiah.

Tindak lanjut dari agenda ini merupakan langkah yang tak kalah penting untuk dilakukan. Diana telah merencanakan beberapa strategi untuk merealisasikan sumbangsih yang memiliki dampak lebih riil pada upaya internasionalisasi institusinya. Dia akan memulainya dengan menggandeng para mahasiswa potensial untuk menuliskan karya ilmiah mereka dan mengikutsertakannya dalam even-even internasional. Dengan begini, realisasi SDM dan mahasiswa berkualifikasi internasional di bawah naungan Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri menjadi selangkah lebih dekat.

 

About Humas tarbiyah

Check Also

Antusiasme Peserta Memeriahkan Lomba Pidato Bahasa Inggris Diadakan oleh Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI) UIT Lirboyo Kediri

Kediri, 14 Januari 2024 – Dengan semangat dan antusiasme yang luar biasa, berlangsunglah acara Lomba …